Jumat, 06 Desember 2013

SELAMAT SANG JUARA

Posyantek Juara Pertama Tingkat Nasional
Jumat, 04 Oktober 2013 | pukul : 03:39:09 | Administrator | Hits : 279 |
POS Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Mitra Pantura Kecamatan Pekalongan Utara, berhasil membuktikan diri sebagai yang terbaik setelah menerima juara pertama dalam gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat bulan September lalu. Menyisihkan lima Posyantek dari lima daerah lain. Mitra Pantura dinilai sebagai Posyantek yang dapat memberikan pembinaan yang baik terhadap masyarakat di sekitarnya. Hal tersebut disampaikan Asisten II Setda Pekalongan, Sri Wahyuningsih dalam konferensi pers yang digelar Senin (30/9). Posyantek yang dibentuk pada Januari lalu tersebut, maju bersama tiga Posyantek dari Provinsi Jawa Tengah dalam tahap awal untuk bersaing dengan 47 Posyantek yang berasal dari 33 Provinsi se-Indonesia.
Setelah mengisi kuesioner dan melengkapi persyaratan administrasi, hanya Kota Pekalongan yang dinyatakan lolos ke tahapan 10 besar. Setelah dilakukan monitoring dan evaluasi oleh tim juri langsung, Kota Pekalongan yang dinyatakan lolos ke tahapan 10 besar. Setelah dilakukan monitoring dan evaluasi oleh tim juri langsung, Kota Pekalongan inyatakan masuk enam besar, "Enam besar kami bersaing? dengan lima daerah yang cukup bagus yaitu Kabupaten Paser, Kabupaten Solok, Kabupaten Bandung, SUmbawa dan Jakarta Barat," terang Sri Wahyuningsih.
Enam besar Posyantek kemudian dipanggil ke Jakarta untuk memberikan paparan di hadapan Dirjen pada 5 September lalu. Hasilnya, Posyantek Mitra Pantura keluar sebagai juara pertama dalam gelar TTG tingkat Nasional. "Alhamdulillah kami dinobatkan sebagai juara pertama dan penghargaan tersebut diserahkan pada 26 September lalu di GOR Agus Salim Padang," imbuhnya lagi. DIterangkan Sri Wahyuningsih, Posyantek yang berada di Kecamatan Utara tersebut, memang konsen dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk mengembangkan teknologi tepat guna. Sehingga, hal itu memancing banyak inovasi dan kreatifitas masyarakat dalam menciptakan produk baru.
Ketua Posyantek Mitra Pantura, Beni Ismail menambahkan, yang menjadi sasaran pembinaan oleh Posyantek adalah UMKM milik masyarakat. Selain dibina, pihaknya juga memberikan bantuan peralatan dan pendampingan guna memotivasi masyarakat untuk terus berinovasi. Tak cukup disitu, masyarakat juga terus didampingi sampai tahap pemasaran. Posyantek tetap melakukan pembinaan untuk marketing produk yang dibuat masyarakat. Bahkan saat ini, Posyantek Mitra Pantura juga sudah membuka toko online khusus untuk emasarkan produk-produk hasil inovasi masyarakat.
Posyantek Mitra Pantura juga berkomitmen, penghargaan ini tak sekedar menjadi seremonial belaka. Kedepan, bersama Pemkot akan terus melakukan promosi dan membina pengrajin potensial. Akan ada empat pengrajin yang akan dibina serius dan nanti akan dijadikan model percontohan bagi pengrajin atau pengusaha lainnya. (nul)
(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 03-10-2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar