Sabtu, 30 November 2013

Gelar Tehnologi Tepat Guna

TEKNOLOGI TEPAT GUNA
Warga Ibu Kota
Kembangkan Produk Inovatif


Sabtu, 23 Nopember 2013

JAKARTA (Suara Karya): Alat penggoreng kerupuk tanpa menggunakan minyak dan sepeda motor berbahan bakar gas dipamerkan dalam seminar dan gelar teknologi tepat guna (TTG) tingkat Provinsi DKI Jakarta di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/11). Semua produk inovatif yang ditampilkan di sana merupakan hasil ciptaan warga Ibu Kota.
"Sangat membanggakan melihat warga Jakarta mampu menciptakan teknologi seperti alat menggoreng tanpa minyak dan sepeda motor berbahan bakar gas," ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMPKB) DKI Jakarta, Deded Sukandar, didampingi Kelik Miarto, Plt Kepala Bidang PTG BPMPKB. Deded mewakili Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) membuka acara tersebut.
Deded mengatakan, peserta dalam kegiatan itu adalah masyarakat yang tergabung dalam pos pelayanan teknologi tepat guna (posyantek) yang berada di 44 kecamatan se-DKI. Tujuannya adalah pemberdayaan masyarakat sebagai wahana dan upaya pengembangan kualitas hidupnya. Hal ini agar mampu memberikan kontribusi positif dalam mempercepat terwujudnya Jakarta Baru.
"Seminar teknologi tepat guna ini diharapkan mampu memberikan keleluasaan kepada masyarakat Jakarta untuk membangun dan mengembangkan kreativitas serta inovasi teknologi tepat guna secara mandiri," kata Deded.
Diki Fajar, yang merupakan pencipta sepeda motor berbahan bakar gas, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan gelar teknologi itu. Ia bekerja bersama tim dalam membuat sepeda motor berbahan bakar gas. Anggota tim seluruhnya siswa SMK Negeri 56 Jakarta.
"Sepeda motor gas ini digerakkan dengan alat yang disebut LPG koverter kit, yaitu suatu alat yang dipasangkan pada sistem bahan bakar kendaraan, agar kendaraan itu bisa menggunakan bahan bakar gas," katanya. (Yon P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar